Rabu, 28 Desember 2011

MESIN 4 LANGKAH

Mesin Motor bakar terdiri dari 2 macam yakni mesin 2 tak dan mesin 4 tak, hal ini dibedakan oleh proses langkah kerja dari mesin dalam 1 kali proses kerja. Mesin 2 tak membutuhkan 2 langkah untuk melakukan 1 kali proses kerja, sedangkan mesin 4 tak membutuhkan 4 langkah dalam 1 kali proses kerja.

Untuk mesin 4 tak yang tetap berkembang sampai sekarang karena banyak keunggulan dibanding mesin 2 tak. Untuk lebih jelas prinsip kerja mesin 4 tak bisa kita lihat pada gambar.

Langkah Kerja Mesin 4 Tak yakni:

1. Intake/ Hisap. Langkah hisap merupakan pergerakan piston dari atas ke bawah (dari TDC ke BDC (bottom dead center)) dan dalam keadaan katup hisap membuka.

2. Kompresi. Lankah kompresi merupakan langkah piston dari bawah keatas(dari BDC ke TDC) dan dalam keadaan kedua katup menutup(hisap & Buang).

3. Ignition/ Usaha. Langkah usaha yakni langkah hasil ledakan pada mesin dan menekan piston bergerak kebawah dalam kondisi kedua katup menutup.

4. Exhaust/Buang. Langkah buang yakni langkah membuang sisa hasil pembakaran mesin dimana piston bergerak dari bawah/BDC ke atas/TDC dengan katup buang membuka.

SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar